Minggu, 13 Juni 2010

Sejarah SMAN 1 Rajagaluh

SMa N 1RAJAGALUH
Pada awalnya SMAN 1 Rajagaluh merupakan kelas jauh dari SMAN 1 Majalengka, kegiatan belajar mengajar pada waktu itu pada tahun 1984 dilaksanakan di SMPN 1 Rajagaluh.

Sebagai pimpinan pada waktu itu adalah Bapak Abdul Hamid arif, B.A.. Bangunan sekolah pertama pada waktu itu satu lokal gedung kantor, satu lokal gedung laboratorium, dan lima lokal gedung belajar. Pendirian kantor dengan SK Bupati no: 190/A/SK/SDI/1983, tanggal 15 Februari 1983, sedangkan tanah untuk bangunan seluas 15.000 m2 dengan SK Gubernur No. 593/SK 5.11-Pem-Des/1984, tanggal 15 Maret 1984, secara resmi SMAN 1 Rajagaluh didirikan tanggal 9 November 1983 dengan SK pendirian No. D473/0/1983, untuk selanjurnya SMAN 1 Rajagaluh dipimpin oleh:

Drs. M. Djaja Kardja - Majalengka
Drs. H.A. Wahab Sudinata, MM.MH. - Majalengka

study tour

LAPORAN PERJALANAN

Pada tanggal 23 Februri 2010, SMA Negeri 1 Rajagaluh Mengadakan Study Tour ke bandung dan Jakarta. Study tour itu diikuti oleh hampir seluruh siswa kelas XI baik IPA Maupun IPS. Mereka terbagi kedalam 5 bus . tiap-tiap bus didampingi oleh guru dan satu tour gaete. Penulis yang duduk di Bus C, didampingi oleh bapak boby saptari, toto warsito.
Pagi itu, pukul 04.00 WIB kami sudah berkumpul di sekolah SMA Negeri 1 Rajagaluh. Pukul 04.30 WIB kami melaksanakan salat Subuh dulu di masjid desa Rajagaluh Lor. Pukul 05.00 WIB kami sudah siap di bus masing-masing yang berjajar rapi di depan sekolah. Berada dibarisan paling depan adalah bus A yang ditumpangi oleh siswa-siswi kelompok 1 dari kelas XI IPA dan IPS berikutnya bus B yang ditumpangi Kelompok 2 dari kelas XI IPA dan IPS dan seterusnya sampe Bus 5. Sebelum berangkat kami di absen terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan ber do’a bersama untuk meminta keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan dan do’a dipimpin oleh bapak guru PAI kami yakin bapak Toto warsito. Setelah itu kami berangkat.
Pukul 07.00 WIB kami berhenti sejenak untuk sarapan pagi dan untuk memperbaiki Bus B karena ada kerusakan mesin bus di daerah Tomo Sumedang.
Pukul 08.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Ciater bandung yang di setiap kiri kanan kami banyak pemandangan indah.
Tempat pertama yang dituju yaitu pabrik teh yang berada di Ciater bandung . sebelum tiba di pabrik teh kami disambut dengan pemandangan yang indah dengan hamparan kebun teh yang hijau dan diselimuti oleh kabut putih, cuacanya pun sangat dingin.
Pukul 11.00 kami semua sampai di pabik teh, kami semua langsung turun dari bus dan berkumpul di depan pabrik teh untuk di beri pengarahan dulu oleh pengelola pabrik. Setelah diberi pengaraha oleh pengelola, kami langsung berkeliling pabrik untuk melihat bagaimana pabrik teh berproduksi. Setelah berkeliling kami di suguhi air teh hangat oleh pengelola.
Pukul 13.30 kami melanjutkan perjalana ke kota bandung tepatnya ke badan atom nasional di ITB (Institut teknologi Bandung) kami kira anak IPS mau di ajak masuk ke Badan atom nasional , tetapi tidak. Karena kami hanya mengantar Anak IPA ke badan atom nasional dan makan siang. Setelah kami mengantar Anak IPA ke badan atom Nasional, kami anak IPS melanjutkan perjalanan ke museum Sri baduga untuk penelitian. Pukul 03.00 kami sampai di museum Sri Baduga. Setelah itu kami masuk bersama untuk diberi pengaraha oleh pengelola museum tentang bagaimana sejarah museum dan kenapa dinamai museum Sri baduga sembari di beri pengarahan, kami juga diberi buku tugas oleh pengelola untuk di isi. Setelah pengarahan selesai kami dipersilahkan berkeliling museum. Di dalam museum banyak sekali peninggalan-peninggalan yang bersejarah yang di temukan di daerah Jawa Barat.
Pukul 16.00 kami berkumpul kembali di bus masing-masing untuk melanjutkan perjalanan ke tempat oleh-oleh di daerah Cihampelas bandung.
Pukul 17.00 kami sampa di tempat tujuan di cihampelas bandung.kami dipersilahkan untuk membeli oleh-oleh sepuasnya. Kami di sana bingung karena banyak sekali oleh-oleh yang di perjualkan baik dari makanan, pakaian , pernak-pernik dan lain sebagainya.
Pukul 18.00 kami sudah berkumpul di bus, dan melanjutkan perjalanan kami ke Puncak untuk bermalam.
Pukul 22.00 kami sampai di penginapan green hill di daerah puncak. Setelah itu kami turun dari bis dan di bagi kamar. Setelah kami mendapatkan kamar, kami langsung bergegas ke kamar yang di tuju untuk beristirahat. Dan harus berkumpul lagi di bus jam 06.00.
Pukul 04.00 WIb kami bangun tidur, setelah itu mandi dan melaksanakan salat subuh. Selesai salatkami dandan dan berkemas kembali untuk melanjutkan perjalanan. Pukul 06.00 WIB kami sudah ber kumpul di tempat parkir mobil, setelah itu kami di beri nasi goring untuk bersarapan pagi. Setelah selesai sarapan pagi kami harus naik ke bus. Pukul 07.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Alhamdulillah perjalanan kami sampai di Jakarta pada pukul 10.00WIB. setelah sampainya kami di ancol kami di beri tiket masuk terlebihdahulu. Di Jakarta tempat yang kami kunjungi pertama kali yaitu di gelanggang samudra untuk melihat pertunjukan ikan lumba-lumba dan pertunjukan singa laut. Pertunjukan selesai pukul 12.00WIB setelah itu kami melanjutkan perjalanan kami ke Dufan. Setelah bermain di dufan kami kembali ke bus Pukul 18.00 WIB. Setelah itu kami melanjutkan untuk pulang kembali ke kampong halaman. Pada pukul 04.00 WIB kami sampai di SMAN 1 rajagaluh. Dan perjalanan pun Selesai….